PROGRAM YG TELAH DILAKSANAKAN

Beberapa program strategis yang telah di laksanakan oleh LaPS, baik yang dilaksanakan sendiri, maupun dalam bentuk kolaborasi (menjalin kemitraan) dengan institusi lainnya, diantaranya :

Pendidikan Demokrasi Untuk Rakyat (DaUR)
Dilaksanakan atas kerjasama LaPS dengan ABM Foundation di Kota Palopo pada bulan Mei 2006 – Mei 2008. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran kritis masyarakat, memberikan pemahaman demokrasi dan hak-hak masyarakat sipil.

Evaluasi dan Pendampingan Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD)
Dilaksanakan atas kerjamasa LaPS, LAPMaS (Lembaga Advokasi dan Pemberdayaan Masyarakat Sipil) dan Bappeda kabupaten Wajo. di Kabupaten Wajo pada bulan Agustus – November 2007. Kegiatannya berupa survay evaluasi pelaksanaan ADD dan bantuan tekhnis pada pelaku ADD hal proses perencanaan dan penganggaran di desa (Penyusunan RPJM-Desa dan APBDes secara partisipatif).

Pengembangan Model Penyuluhan Agroforestry,
Dilaksanakan di Maros, kerjasama LaPS dengan Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian (KIPP) Maros (Program DAFEP) pada bulan Mei – Agustus 2003. Kegiatannya berupa Semiloka, Penyusunan Modul, PRA dan Desa Percontohan pelaksanaan programa penyuluhan agroforestry.

Kampanye Penyuluhan Strategis (Strategic Extension Campaign),
Dilaksanakan di Maros, kerjasama LaPS dengan Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian (KIPP) Maros (Program DAFEP) pada bulan September – Desember 2002. Kegiatannya berupa Survay PSK (Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan) Petani, Lokakarya, Penerbitan prototipe media petani, freetest media, pentas seni dan distribusi media.

Fasilitasi FMA (Farmer Managed Aktivity)
Kegiatan pengembangan kapasitas SDM petani yang dikelola oleh petani sendiri kerjasama LaPS dengan Kantor Informasi Penyuluhan Pertanian (KIPP) Maros, Tahun 2002 – 2003. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain fasilitasi proses penyusunan profil keluarga tani, rencana usaha keluarga, rencana kegiatan kelompok, rencana kegiatan penyuluhan desa, dan proses pengelolaan program penyuluhan.

Fasilitasi PRA (Participatory Rural Appraisal)
Kegiatan ini di laksanakan di berbagai desa di Kabupaten Maros pada bulan Mei – Desember 2002 dalam rangka uji coba modul PRA sekaligus membangkitkan motivasi dan memperkenalkan kepada masyarakat model perencanaan partisipatif. Kegiatan yang dilakukan antara lain fasilitasi penggunaan alat-alat PRA diantaranya : Penelusuran sejarah desa, klasifikasi kesejahtraan, sketsa desa, transek, kalender musim, jadwal harian, diagram veen, pohon masalah, dan penyusunan program.

Seminar dan Lokakarya Penggunaan Internet Secara Dini
Dilaksanakan di Maros, atas kerjasama LaPS dengan Pusyantel Wilayah IV, pada Tahun 2000. Peserta terdiri atas mahasiswa, pelajar dan organisasi kepemudaan. Dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas generasi muda dalam hal penggunaan teknologi informasi.

Dan berbagai kegiatan lain