LATAR BELAKANG

Lembaga Pengembangan Sumberdaya ( LaPS ) adalah lembaga nirlaba yang merupakan bagian dari Yayasan Visi Generasi Madani. Secara resmi lahir pada tanggal 1 Juni 1999, dengan visi mengambangkan sumberdaya yang berorientasi kepada kemaslahatan masyarakat dan menggerakkan lingkungan yang mempengaruhinya. LaPS digerakkan oleh tenaga-tenaga dari berbagai latar belakang ilmu yang menaruh perhatian terhadap pengembangan sumberdaya secara rasional dan bertanggungjawab.
Potensi sumberdaya agraris di sulsel di gambarkan secara filosofi oleh pakar budaya Sulsel almarhum Prof.Dr.Mattulada yakni padang malappa’, tasi’ maloang dan pasa’ marowa (Ladang yang lapang, samudera yang luas dan pasar yang ramai).

Namun problematika kontemporer yang terkait dengan pengambangan sumberdaya tersebut antara lain kesenjangan sosial (kemiskinan), kualitas sumberdaya (SDM, Lingkungan dan teknologi), kesehatan, kultur demokrasi dan pelayanan publik, serta laju modernisasi pembangunan selama ini telah menyebabkan ketidakberdayaan sosial dan kerusakan ekologis karena berbagai faktor yang antara lain disebabkan oleh kebijakan dan aktivitas pengelolaan sumberdaya yang eksploitatif dan tidak rasional.

Maka meskipun potensi sumberdaya tersedia sedemikian rupa, akan tetapi proses transformasi sosial yang sementara berlangsung saat ini, mustahil membawa kemaslahatan yang signifikan, tanpa dibarengi komitmen pengembangan sumber daya secara rasional, partisipatif, demokratis, sustainable dan bertanggungjawab.

Maka LaPS lahir sebagai salah satu bentuk dari perwujudan cita-cita masyarakat sipil (civil society) melalui proses pencerahan masyarakat dan menggerakkan segenap lingkungannya (kebijakan dan jaringan) serta mengoptimalkan segenap potensi baik personal maupun institusional untuk memberikan yang terbaik pada kesejahtraan masyarakat.